Instrumen Ajaib Bernama REACTABLE

10 Jun

Sudahkah anda mendengar album Bjork yang paling terakhir berjudul Volta! ? Cobalah untuk mendengar lagunya yang berjudul Declare Independence. Musiknya tercipta dari sebuah intrument elektronik yang sangat unik bernama Reactable. Dibuat dan dikembangkan oleh Sergi Jordà, Marcos Alonso, Martin Kaltenbrunner dan Günter Geiger dari Universitas Pompeu Fabra di Barcelona, Spanyol. Menurut saya, sebuah inovasi yang sangat jenius dalam industri musik!

Reactable

Reactable

Reactable's Blocks

Blocks

STURKTUR

Reactable terdiri dari sebuah meja transparan. Di bawah meja adalah kamera video, yang ditujukan untuk bawah meja dan memasukkan variasi video ke komputer pribadi. Ada juga sebuah proyektor video di bawah meja, yang juga terhubung ke komputer, proyeksi video ke bawah permukaan meja yang bisa dilihat dari sisi atas juga. Ada sebuah mesin audio berdasarkan Pure Data dan SuperCollide

Di atas meja adalah tampilan fiducials (acuan sebuah objek yang digunakan dalam bidang sistem pencitraan yang muncul dalam gambar yang dihasilkan untuk digunakan sebagai titik acuan atau ukuran. Ini bisa berupa sesuatu yang ditempatkan dalam atau pada subjek image, atau tanda atau seperangkat tanda dalam reticle instrumen optik) terpasang dibawah mereka yang terlihat melalui tabel dengan kamera. Para fiducials yang tercetak gambar hitam dan putih, terdiri dari lingkaran dan titik-titik dalam berbagai pola, dioptimalkan untuk digunakan oleh reacTIVision. reacTIVision kemudian menggunakan fiducials untuk memahami fungsi dari sebuah tampilan tertentu.

Fiducials

Fiducials

Sebagian besar yang terlihat adalah datar, dengan satu acuan di bagian bawah. Beberapa bukti fisik lain berupa kubus, dengan fiducials melekat pada beberapa sisi dengan fungsi mencptakan suara atau efek  yang berbeda-beda.

Saat ini, ada dua versi dari Reactable, Reactable Live! dan Reactable Experience. Reactable Live adalah versi yang lebih kecil lebih portabel yang dirancang untuk musisi profesional, hanya diproduksi sebanyak 20 buah (saat ini harga € 9.700). Reactable Experience lebih seperti cocok untuk instalasi di ruang publik.

CARA KERJA

Cara kerja Reactable ini terinspirasi oleh synthesizer analog modular seperti yang dikembangkan oleh Bob Moog pada awal tahun 60-an dan ditingkatkan dengan konsep baru dari pengolahan efek sampling dan digital.
Sementara dengan satu modular synthesizer biasanya berbagai modul yang berbeda dihubungkan dengan kabel patch yang lebih kompleks dan rawan kesalahan proses, dengan Reactable ini dapat dicapai dengan cara yang lebih mudah dan lebih intuitif, karena koneksi antara blok tersebut dikelola secara otomatis berdasarkan jenis, hubungan dan kedekatan bloknya.

Struktur Reactable

Struktur Reactable

Struktur Reactable 2

Struktur Reactable 2

REACTABLE LIVE : Bjork “Declare Independence”

untuk info lebih lanjut, bisa kalian cek di

http://www.reactable.com

sumber :

http://www.reactable.com

http://wikipedia.com

Iklan

2 Tanggapan to “Instrumen Ajaib Bernama REACTABLE”

  1. Spiritualized 18 Juli 2010 pada 1:44 am #

    Lagi jalan-jalan nyari info tentang Reactable, eh nyasar kesini :p
    keren bahasannya sist 😀
    Reactable ini waktu itu dibawa Bjork waktu konser di Jakarta ya?? waktu itu, kalo ga salah baru ada 2 biji CMIIW

    kalo boleh saya minta ijin ngepost artikel ini di Kaskus (kalau boleh nanti saya sertakan alamat blog ini :p, kalo engga juga gpp kok :D)

    kabarin ya sist, makasih

    • Uti 22 Juli 2010 pada 7:38 pm #

      terima kasih.. saya salah satu penggemar musik dan juga bjork jd ya amaze banget sama alat yang satu ini. hehehe..

      oh anak kaskus toh gan?! haha.. boleh kok boleh! silahkan di publish dengan senang hati 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: