Vokasi UI

15 Mei

Hallo, MaBa! Mungkin beberapa dari kalian pingin tau yah apa dan bagaimana sih Vokasi di Universitas Indonesia itu?

Sebenernya di awal saya membuat blog ini saya sudah menuliskan sedikit tentang vokasi, tapimemang lebih saya sudutkan ke Vokasi di departemen pariwisatanya. Sekarang, saya akan jelaskan beberapa hal mengenai vokasi secara keseluruhan.

APA ITU VOKASI?

Program vokasi atau setara D3 (Diploma) adalah suatu jenjang pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menetapkan keahlian dan ketrampilan di bidangnya, siap kerja dan mampu bersaing secara global.

Jadi, bukannya sombong, tapi untuk urusan prospek kerja, menjadi lulusan diploma memiliki kesempatan yang besar untuk dapat langsung bekerja. Dari awal kita sudah diajari dan dilatih untuk menjadi seorang pekerja yang ahli dan siap dalam suatu bidang pekerjaan.

Di UI, vokasi memiliki 6 departemen yaitu:

1. Administrasi : Asuransi & Aktuaria, Keuangan & Perbangkan, Perkantoran, dan Sekretariat Perpajakan

2. Akutansi : Keuangan, Sektor Publik, dan Teknologi Sistem Informasi

3. Kedokteran : Fisioterapi, Okupasi Terapi, Perumahsakitan

4. Komunikasi : Penyiaran, Periklanan, Hubungan Masyrakat

5. Manajemen Informasi dan Dokumentasi

6. Pariwisata : MICE, Perhotelan, dan Travel

Keenam departemen masing-masing memiliki konsentrasinya tersendiri yang biasanya akan ditentukan pada saat semester ke-3 kuliah. Kegunaannya, agar kita lebih fokus pada satu bidang yang akan kita dalami. Semester 1 & 2 mahasiswa lebih ditekankan pada  pelajaran dasar yang menyangkut pada tiap departemen.

Untuk tahun ini, semua Vokasi memang masih ‘numpang’ di gedung seperti FISIP, FIB, FE, dan FK. Namun anatara tahun 2011/2012 vokasi akan memiliki gedungnya tersendiri di kampus UI Depok.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

KUALITAS?

Secara keseluruhan, UI telah menjadi salah satu ikon pendidikan di Indonesia. Hal itu telah membuktikan bahwa UI memiliki kualitas pendidikan terbaik di negeri ini. Namun, sebaik apapun kualitas tim pengajar tidak akan bisa sempurna tanpa adanya niat dan usaha dari diri sendiri untuk menjadi seorang mahasiswa yang baik. Kalau kita sudah yakin dengan apa yang kita pilih, saya yakin apa yang telah kita perjuangkan dan dapatkan tentu tidak akan sia-sia.

Mungkin terkadang orang memandang sebelah mata akan kata Diploma. Tapi, jangan sampai isu tersebut menciutkan nyalimu untuk masuk menjadi mahasiswa vokasi. Kita pun bisa meneruskan jenjang ke S1 dengan waktu hanya 1 – 2,5 tahun paling lama. Percaya deh kita gak akan pernah dirugikan apabila menjadi anak vokasi.

Info lengkapnya tentang Vokasi UI, dapat dilihat di http://vokasi.ui.ac.id

xoxo

Maartika

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: