Universitas Indonesia, Departemen Ilmu Pariwisata, Program Vokasi

16 Mar

FYI, Saya adalah seorang mahasiswi di universitas yang tertera pada judul postingan ini. Tidak banyak orang yang tau tentang keberadaan departemen dan program ini. Komentar pertama mereka hanya dua kalau saya menyebut Vokasi Pariwisata UI :

1. “Oh.. Pariwisata.. emang di UI ada pariwisata ya? Baru tau gue”

2. “Vokasi tuh apa?”

Jawaban saya :

1. “Ada!”

2. “Vokasi itu setara dengan D3″

Dengan blog ini, saya akan memperkenalkan jurusan tersebut kepada anda.

Vokasi

Pendapat Orang :

Vokasi UI

Dalam beberapa kesempatan, dosen saya sering mengatakan bahwa vokasi setara dengan D3 (Diploma). Dimana D3 adalah suatu jenjang studi yang dibuat khusus untuk menciptakan lulusan-lulusan yang siap kerja. Program Vokasi hanya berjalan 3 Tahun, sedangkan S1 memiliki jangka waktu normal 4 tahun studi.

Banyak orang mengatakan bahwa D3 lebih banyak menerapkan praktek ketimbang teori. Mahasiswa diharuskan untuk terjun secara langsung atau tidak langsung dalam bidang pekerjaan tersebut.

Pendapat Saya :

Betul, vokasi adalah jenjang studi yang lebih singkat daripada S1 dengan tujuan untuk menyiapkan para lulusan yang siap kerja.

Betul juga, bahwa program ini menerapkan lebih banyak praktek, khususnya, saat setelahe penjurusan. Semester awal, mahasiswa lebih dikenalkan pada teori-teori yang memang banyak berkaitan dengan program yang diambil. Beberapa pelajaran SMA masih akan kita temui di semester awal ini. Tergantung departemen atau jurusan apa yang akan kita ambil.

Ilmu Pariwisata UI

Saya lupa kapan tepatnya Departemen ini dibuat, yang jelas cukup lama untuk sebuah program vokasi di UI.

Bagi kalian yang takut akan senioritas, tak perlu khawatir dengan jurusan ini. Seniornya sangat baik dan mau berteman baik dengan juniornya. Bagi MaBa (Mahasiswa Baru) saya sarankan kalian mengikuti seluruh kegiatan ospek yang diselenggarakan. Nggak perku takut atau malu. Karena, kegiatan seperti ini adalah satu-satunya sarana bagi kalian untuk mengenal lingkungan kampus dan terutama mengenal kawan baru dari berbagai sekolah maupun daerah. Hingga kini, Vokasi Pariwisata (Paris) UI, berada di kampus FISIP UI, Depok. Namun, sudah direncanakan oleh pihak Universitas untuk segera membangun gedung khusus program Vokasi UI.

Jaket Kuning?  Tenang, kalian tetap bisa jadi pemakai Jakun kok!! :)

Yellow Jacket

Vokasi Pariwisata memiliki jangka waktu selama 3 tahun dalam studinya. Bisa dipercepat kalau kalian memliki IPK yang bagus (biasanya >3.00) atau dengan mengikuti program SP (Semester Pendek). Jurusannya terbagi menjadi 3 yang akan bisa kalian pilih ketika memasuki semester 3, yaitu :

  • Travel (Usaha Perjalanan Wisata)

Bagi kalian yang tertarik di perjalanan wisata (tour dan travel), jurusan ini sangat cocok buat kalian. Kalau menurut saya adalah pekerjaan yang gajinya cukup menggiurkan apalagi kalau sudah menjadi supervisor/manager), atau dengan cukup menjadi Tour Guide (dapet gaji, jalan-jalan gratis, plus Tip dari client)

  • Perhotelan

Bagi kalian yang tertarik di perhotelan tentunya jurusan ini sangat cocok. Perhotelan juga termasuk bidang yang menjanjikan dalam pekerjaan.

  • MICE (Meetings, Incentives, Conventions, and Exhibitions)

Bagi kalian yang tertarik untuk menyelenggarakan suatu event kecil maupun besar dan ikut terlibat sebagai penyelenggaranya, jurusan ini sangat cocok untuk kalian. Kalian akan mempelajari lebih dalam mengenai cara yang baik untuk membuat suatu acara.

Hanpir setahun saya belajar di Vokasi Pariwisata. Jujur saja, awalnya saya tidak menyangka bahwa saya akan masuk jurusan ini. Target awal saya adalah Komunikasi, FISIP UI. Namun, apa daya takdir berkata lain. Saya sendiri sempat merasa terjebak dengan jurusan ini. Haha.. maklum ,saya sendiri memang belum pernah mendengar jurusan ini, dan waktu pemilihan jurusan di pendaftaran SIMAK UI, saya daftar vokasi dengan Pariwisata sebagai pilihan paling terakhir. :P

But, so far, untuk pelajaran yang didapat cukup menyenangkan, kecuali Akuntansinya (bukan karena dosennya kok, saya memang ga pernah suka akuntansi, otak saya sedikit lemah soal hitung-menghitung). Pelajaran/Mata kuliah yang sangat saya suka hingga kini adalah Manifestasi Ragam Budaya, semester satu membahas tentang Indonesia Bagian Barat, dan semester 2 ini lebih kepada Indonesia Bagian Timur. Seru!! Membahasa berbagai budaya yang tidak pernah saya tahu sebelumnya. Dosennya pun sangat seru. Yang nggak kesampean masuk Antropologi, di Vokasi Paris ini, kalian akan mendapatkan sedikit ilmu tentang Antropologi juga kok! Bahkan lebih seru karena lebih dikaitkan dengan budaya-budaya di Indonesia.

Jadi, tertarikah kamu masuk Pariwisata UI ? Jangan takut akan hasutan orang tentang Vokasi atau Ilmu Pariwisata.

Fakta :

1. Orang lulusan DIII / Vokasi lebih cepat dapat pekerjaan. Bayangkan kalian bekerja, sambil mungkin mengumpulkan uang untuk melanjutkan S1. S1 Ekstensi bisa dilanjutkan hanya dalam jangka waktu 1 2. tahun bagi kalian yang lulusan vokasi.

Pariwisata adalah salah satu bidang yang tidak akan pernah mati dan turun potensinya. Semua orang di dunia ini butuh liburan dan hiburan, dan alam menjadi pilihan yang tepat bagi manusia untuk bersantai, dan orang pariwisata lah yang memiliki keahlian untuk mengembangkannya.

Informasi lebih lanjut bisa dilihat di

http://vokasi.ui.ac.id

Selamat berjuang untuk UAN ya dek!! :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: